OLIMPIADE MANAJEMEN


OLIMPIADE MANAJEMEN NASIONAL 2016
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MALANG

A.    LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang pertumbuhan perekonomiannya masih tergolong rendah dibanding negara-negara lainnya. Banyak faktor yang memicu lambatnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia, salah satunya yaitu masih sedikitnya jumlah wirausaha di Indonesia. Jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk di Indonesia saat ini. Menurut Michael P. Todaro, sumber kemajuan ekonomi bisa meliputi berbagai macam faktor, akan tetapi secara umum sumber utama pertumbuhan ekonomi adalah adanya investasi-investasi yang mampu mendorong dan memperbaiki kualitas sumberdaya manusia dan fisik, yang selanjutnya dapat meningkatkan kuantitas sumber daya produktif yang bisa menaikkan produktivitas seluruh sumber daya melalui penemuan-penemuan baru, inovasi dan kemajuan Teknologi.
Kewirausahaan atau “Entrepreneurship” yang kreatif sering diartikan sebagai “the backbone of economy”, syaraf pusat perekonomian atau pengendalian perekonomian suatu  bangsa. Hal ini karena fakta menunjukkan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan.  Untuk itu memang sangat terbukti bahwa entrepreneur sangat penting untuk memberikan ide berupa energi dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Dengan adanya Entrepreneur yang kreatif diharapkan dapat memberikan manfaat di bidang ketahanan energi baik berupa pemanfaatan yang efektif dan efisien atau melalui diversifikasi produk yang baru karena itu dibutuhkan suatu pemanfaatan sumber daya manusia yang semakin kreatif dan berdaya guna.
Sesuai dengan pembahasan diatas, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang merasa perlu mengadakan olimpiade manajemen dalam bentuk bussiness plan ini dengan tema Peningkatan Daya Saing Wirausaha Muda Berbasis Produk Lokal Inovatif. Dengan harapan memberikan dampak positif untuk mencetak wirausahawan muda yang kreatif, dan inovatif untuk menciptakan suatu produk yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar global serta menjadi  sukses dan dapat mendorong pembangunan perekonomian Indonesia yang lebih maju.

B.     LANDASAN YURIDIS
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat formal dibawah institusi yang sah. Oleh karena itu sebagai legalitas kegiatan landasan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Keputusan Mendikbud No. 0155/U/1998, tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
3.      Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang No.13/KEP/UN32/KM/2012, tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang Tahun 2012
4.      Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang No 1.2.41/UN32.4/KM/2016, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2016.
5.      Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Periode  2016

C.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Olimpiade Manajemen Nasional 2016”

D.    TEMA KEGIATAN
“PENINGKATAN DAYA SAING WIRAUSAHA BERBASIS PRODUK LOKAL INOVATIF”

E.     BENTUK KEGIATAN
1.      Dialog Publik
Dialog publik ini akan membahas tentang Inovasi dan Kreatifitas Jiwa Entrepreneur muda dalam berbisnis, Sehingga dapat memberikan gambaran tentang keadaan ketahanan perekonomian Indonesia saat ini agar para audience tergugah untuk memberikan inovasi barupa pengembangan produk lokal supaya bisa berdaya saing di pasar Internasional.
2.      Visiting Company dan Field Trip
Visiting Company ini merupakan kunjungan perusahaan yang akan dituju, dimana para peserta akan diajak untuk melakukan tour ke perusahaan dan akan diberikan kesempatan untuk melihat dan mengetahui bagaimana sistem kerja dan manajemen perusahaan tersebut secara langsung. Pada kegiatan ini rencananya akan mengambil kunjungan ke Bakpao Telo Malang*
Field Trip merupakan salah satu rangkaian acara dari oman yang dikemas semenarik mungkin yang diharapkan dapat menjadi wahana bagi terbangunnya rasa kekeluargaan dan solidaritas diantara para peserta. Pada kegiatan ini rencananya akan mengambil ke Sentra Industri Tempe Sanan*
*Masih dalam tahap konfirmasi
3.      Business Plan Competition
Lomba/kompetisi rancangan bisnis ini merupakan perlombaan/kompetisi antar Mahasiswa khususnya Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi se-Indonesia dan pada pemenang kompetisi ini akan memperebutkan piala Rektor Universitas Negeri Malang.

F.     PEMATERI DIALOG PUBLIK
1.       Unggul Abinowo (Owner Bakpao Telo) *
2.      Hidayat Wicaksono (Owner Sentra Industri Tempe Sanan) *
*Masih dalam tahap konfirmasi

G.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan diselenggarakannya Olimpiade Manajemen ini adalah :
1.      Sebagai pengembangan kreatifitas mahasiswa untuk menciptakan wirausaha muda.
2.      Sebagai sarana pemberian stimulus mental berwirausaha di kalangan mahasiswa.
3.      Sebagai perwujudan program kerja dan pencitraan jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang kepada masyarakat, khususnya seluruh universitas yang ada di Indonesia.
4.      Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar menjadi lebih unggul dan lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis.

H.    PESERTA
·      Dialog Publik                      : 300 orang
Peserta Dialog Publik adalah  mahasiswa finalis Business Plan Competition dan umum.
·      Visiting Company dan Field Trip : 15 tim (per tim 3 orang)
Peserta Visiting Company dan Field Trip adalah 15 besar finalis Olimpiade Manajemen Nasional 2016.
·      Business Plan Competition  : 15 tim (per tim 3 orang)
Peserta Business Plan Competition adalah 15 besar finalis Olimpiade Manajemen Nasional 2016.

I.       WAKTU DAN TEMPAT
1.      Dialog Publik
Hari            : Jumat
Tanggal      : 21 Oktober 2016
Tempat       : Aula Gedung D4 Lantai 3 Fakultas Ekonomi
Pukul          : 08.00 – 11.00 WIB

2.      Visiting Company dan Field Trip
Hari             : Sabtu
Tanggal        : 22 Oktober 2016
Tempat        : Bakpao Telo Malang dan Sentra Industri Tempe Sanan Malang
Pukul          : 07.00 – 16.00 WIB

3.      Business Plan Competition
Hari            : Minggu
Tanggal        : 23 Oktober 2016
Tempat       : Gedung Aula E3 Lt2
Pukul          : 07.00 – 17.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar